Belajar Open Source Alfresco

Software yang diperlukan dalam menjalankan alfresco :

  • Alfresco Lab dimana setelah anda menginstall aplikasi ini anda bisa memilih Alfresco Web Client. Ingat dalam menginstal anda harus menentukan / membuat folder yang akan digunakan untuk mengakses alfresco.
  • MySql Server 5.0 sebagai database yang digunakan oleh alfresco. Dimana sebelum menggunakan alfresco anda harus menjalankan servicenya dengan memilih Mysql Query Browser. Di bagian ini anda harus menentukan username dan password anda.

Hubungan beberapa Komponen di Alfesco :

Alfesco merupakan aplikasi open source Content Management System yang terdiri beberapa komponen. Diantaranya adalah MySql Server 5.0 sebagai databasenya, OpenofficePortable sebagai aplikasi untuk membuka dokumen yang saling ter – intergrasi satu sama lain.Dan Ada Tomcat yang mungkin digunakan untuk menjalankan service – service yang digunakan oleh alfresco, proses berjalannya seperti apache yang digunakan untuk menjalankan service PHP, Tetapi sepertinya dia merupakan produk java.

KMS : Adalah Sistem yang digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi di ACC. Dengan KMS segala permasalahan yang terjadi akan ditangani dengan beberapa feature yang dimiliki alfresco.

Dalam KMS Anda dapat membuat user dengan mudah untuk dapat mengupload space/ dokumen dan mengaksesnya. Selain itu anda dapat mengundang user lainnya dalam mengakses space anda dengan cara mengatur role user, dan anda dapat mengikuti forum diskusi yang tersedia.

Untuk apa adanya role , yaitu untuk mengatur user mana saja yang bisa mengakses space anda .sebagai berikut beberapa role user yang disediakan oleh KMS :

ü Colloborator

ü Coordinator

ü Editor

ü Contributor

Dengan KMS user diberikan kemudahan dalam bekerja dengan space mereka dengan disesuaikan dengan standart dari ACC itu sendiri .Salah satunya adalah terdapatnya navigator yang digunakan untuk memberi kemudahan dalam mengakses space user tanpa membuka space mereka. Lalu ada DashBoard merupakan pengaturan tampilan KMS user membuat user merasa nyaman dalam menggunakan KMS dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan User.

Encvironment dari Alfresco :

ü Operating system : Windows, Linux, Unix, MacOS

ü Java Runtime Environment Minimal Versi 1.5x

ü Aplikasi Server JBoss / Apache TomCat

ü Aplikasi Database MySql, MySql Java Connector

ü OpenOffice

Manfaat Penggunaan Alfresco :

ü Produktivitas Meningkat

ü Menghemat biaya penggandaan dan meningkatkan kualitas respon

ü Asset Perusahaan Terjaga

ü Respon terhadap dokumen lebih cepat dan sesuai dengan proses bisnis Perusahaan

ü Kecepatan dan Kualitas respon terhadap dokumen meningkat

ü Akuntabilitas meningkat

ü Menghemat Waktu kerja dan tenaga

ü Aliran Dokumen lebih terkendali.

Alfresco bukan untuk management dokumen tetapi alfresco juga bisa digunakan untuk collaboration, record management, Knowledge management, web content.

One thought on “Belajar Open Source Alfresco

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s