Bimbingan Skripsi dengan Judul e-commerce atau Toko Online

Bimbingan belajar untuk mahasiswa semester akhir dari universitas negeri ternama di Indonesia. Mahasiswa tersebut minta dibimbing dari awal sampai jadi sebuah paket penulisan skripsi + program webnya. Mahasiswa yang saya bimbing termasuk mahasiswa dengan pengetahuan mengenai program dibawah rata-rata, dengan kata lain sama sekali tidak tahu apa-apa bagaimana membuat sebuah web.  Tetapi itu bukan menjadi halangan saya untuk membantu mahasiswa tersebut untuk mendapat gelar sarjana di fakultas sistem informasi.

Pertama yang saya ajarkan adalah konsep sebuah perancangan database toko online atau ecommerce, bagaimana rancangan databasenya, tetapi saya juga mengajarkan bagaimana membuat penulisan skripsi yang baik berdasarkan pengalaman saya.  Awalnya saya harus mencari dan berdiskusi mengenai rumusan masalah agar skripsi ini jelas tujuannya, apa yang ingin diselesaikan dan apa yang harus diberi solusinya dari judul skripsi tersebut. Memang agak lambat mengajarkan mahasiswa ini yang tidak sama sekali mengerti tentang sebuah sistem informasi. inilah tugas saya agar Dia bisa lulus dengan minimal nilai B, dari contoh analogi yang sederhana sampai sangat mendetail…. tapi memang Dia juga tidak banyak mengerti,,, lagi-lagi saya harus berjuang untuk mendapat kepuasan didalam diri saya. Bab I, II, III,IV dan Bab V harus dijalani dengan banyak bicara karena saya harus memberi kuliah mendalam kepada mahasiswa ini…. dan dari bab itu yang paling gampang ada bab II ,,, landasan teori …. dan yang paling sulit adalah bab IV…. perancangan sistem. Tpi secara keseluruhan saya puas karena dengan kesabaran dia mulai bisa dan tahu tujuan sebuah sistem informasi diciptakan…….. Saya juga kagum dengan kemauan kerasnya yang pantang menyerah menunggu saya pulang kerja di rumah.

Perjuangan belum selesai, masih ada bagian tersulit yang harus saya bimbing yaitu pembuatan web. Ini spesialis saya, saya tahu bagaimana membuat Dia bisa cepat mengerti caranya adalah dengan Banyak latihan, memberi contoh sederhana, memberi contoh-contoh dalam pemanfaatan sistem informasi di kehidupan sehari-hari. Website yang dibuat menggunakan PHP MySql. Lagi-lagi Mahasiswa bimbingan saya ini tidak tahu sama sekali PHP dan Database MySql…… Dan Mari berjuang bersama untuk bisa lulus sidang Min B. Web yang dibuat cukup sederhana agar dia bisa benar-benar paham pemograman, dia tidak ingin programnya terlalu canggih tetapi dia hanya ingin tahu bagaimana membuat website dari awal sampai akhir agar menjadi Bekalnya nanti di dunia kerja. Lagi-lagi dia begitu bersemangat belajar, begitu juga saya sangat senang karena ini adalah modal besar untuk bisa.

Saya selalu ingin membimbing mahasiswa/i akhir yang tidak benar mengikuti mata kuliah pada semester awal dan menyesal di semester akhir pada pembuatan skripsi. Banyak mahasiswa yang datang dan ingin dibuatkan langsung penulisannya dan programnya dan tetap saya terima walau akhirnya mereka juga harus belajar dengan saya khususnya trik presentasi agak tidak kelihatan dibuatin orang hahaha………. Tetapi saya akan lebih senang jika mendapat mahasiswa yang mau belajar. Rate bimbingan yang saya terapkan juga terbilang kecil… kenapa ? alasannya adalah kepuasan dan ilmu. Kepuasan tentu saya dapatkan dari mengajarkan orang. lalu ilmu selalu saya dapatkan dari dosen pembimbing mereka kadangkala mahasiswa bimbingan saya berdiskusi mengenai permintaan dosen pembimbing mereka dan saya mendapatkan ilmunya dari sana.

Kembali ke projek bimbingan skripsi mahasiswa tingkat akhir, web yang diciptakan bersama-sama dibuat hanya 2 bulan, super ngebut. Tetapi menurut saya web tersebut sudah bisa mengantarkan dia lulus minimal B, lagi-lagi saya harus mengajarkan trik presentasinya. Presentasi dalam sidang menjadi hal penting loh.,, kenapa ? coba lihat marketing,sales atau SPG yang menjual produk mereka dengan handal.. walau produk mereka belum tentu terbaik tetapi mereka bisa saja mengajak customer untuk membeli…. artinya ketika produk skripsi dipresentasikan dengan baik maka dosen penguji juga terajak dan yakin akan kemampuan kita. Jadi bisa jadi sejeniusnya anda dalam membuat produk tetapi tidak bisa berkomunikasi dengan baik maka semua sia-sia…. siapa yang tahu kalo produk anda bagus…. ingat produk yang anda ciptakan tidak bisa bicara tetapi Andalah yang berbicara…….

Hasil Web Toko Online Sederhana :

bimbingan-skripsiWebsite E-Commercepesanan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

